Jaga Kesantunan di Dunia Maya, Jangan Sebar Hoax dan Kebencian

March 12, 2019

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Tren pertumbuhan digital baik website dan media sosial (Medsos) di Indonesia juga turut dirasakan di kalangan komunitas pengguna sepeda motor Honda yang berada di Jawa Tengah.

Media digital kini banyak dimanfaatkan oleh komunitas Honda sebagai sarana menjalin komunikasi dan informasi antar komunitas dan kepada masyarakat umum.

Melihat peningkatan tren tersebut, Astra Motor Jateng mengadakan Workshop Digital & Jurnalistik Honda Community 2019 dengan tema “Komunitas Honda Santun di Online, Aktif di Jalan” di kantor Main Dealer Astra Motor Jateng, belum lama ini.

Workshop Digital & Jurnalistik Honda Community 2019 ini diikuti oleh 30 peserta dari komunitas Honda, terutama yang memiliki minat di bidang digital-jurnalistik atau pengurus medsos dari masing-masing paguyuban atau komunitasnya.

Dalam kegiatan ini, para peserta diberi materi mengenai kiat dasar menulis, cara mengunggah berita pada portal digital hondacommunity.net serta mengenai kuis Liga MotoGP Honda Community.

PIC Community Astra Motor Jateng, Mahakarya Andhika mengajak komunitas Honda untuk memanfaatkan tren digital ini sebagai salah satu media promosi Komunitas Honda secara berkelanjutan.

“Supaya bisa memanfaatkan media online dengan maksimal, teman-teman Komunitas Honda Jawa Tengah harus tetap aktif di on ground activity. Dua hal ini harus berjalanan seiringan untuk dapat mempromosikan komunitas supaya lebih terkenal dan dikenal oleh orang banyak,” kata Mahakarya dalam rilisnya, Senin (11/3).

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto menambahkan bahwa komunitas Honda selain wajib #Cari_Aman di jalan raya dengan teknik-teknik safety riding, juga perlu untuk #Cari_Aman di dunia maya.

“#Cari_Aman di dunia maya adalah menjaga kesantunan seperti tidak menyebar hoax, kebencian, tidak menyerang pihak tertentu, dan tidak menyinggung suku, ras dan agama. Karena komunitas Honda adalah panutan bagi masyarakat sebagai ambassador motor Honda di lingkungannya,” ujar Oke. (sen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *