Lithuania Melepaskan Diri dari Uni Soviet

March 12, 2019

FAJAR.CO.ID – Pada 12 Maret 1990, Lithuania menjadi republik pertama yang melepaskan diri dari Uni Soviet. Mereka memproklamirkan kemerdekaannya sebelum perang.

Gedung Putih segera mendesak Uni Soviet untuk menghormati keputusan itu dan meminta semua pihak untuk menghindari kekerasan.

Pemungutan suara, di parlemen yang didominasi oleh gerakan nasionalis, Sajudi, mendukung, tidak ada yang menentang, dan enam abstain, yang terutama mewakili imigran Rusia dan Polandia. Para deputi bergandengan tangan, mengangkat kepala, dan meneriakkan, “Lithuania.”

Di luar area pada saat itu, masyarakat bersorak sorai. Sebelumnya, kerumunan warga Lithuania merobek lambang logam Soviet dari pintu luar gedung legislatif. “Itulah akhir dari rezim Soviet,” kata seorang wakil parlemen dilansir dari The Guardian.

Hampir seluruh negara menonton acara di televisi langsung. Namun, pada saat itu kemerdekaan tidak segera diakui oleh Moskow, dan para deputi mengakui bahwa kemerdekaan penuh akan dimenangkan setelah negosiasi yang sulit.

Lithuania bersikeras bahwa penggabungan mereka ke dalam Uni Soviet pada tahun 1940 adalah melanggar hukum. Oleh karena itu periode Soviet itu ilegal.

(JPC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *